Wednesday, June 20, 2012

Seeking Spot At Taman Apsari Surabaya

     Saya memutuskan Jalan Taman Apasari sebagai tempat saya untuk survey spot graffiti. Jalan ini tepat di belakang (selatan) Taman Apsari. Jalan ini cukup sepi dan minim pengawasan. Dengan tembok yang cukup panjang dan minim pengawasan, membuat spot ini menjadi spot yang cukup ramai sebagai tempat para writer menunjukkan karya dan keahlian mereka.
http://goo.gl/maps/VN5G
Situasi tempat ini cukup bagus untuk menggambar karena disamping pengawasan tidak ketat, temboknya pun tidak berpemilik. Jadi tidak ada pihak yang dirugikan. Jalan ini juga terdapat beberapa lampu jalan  cukup membantu dalam berkarya di malam atau dini hari.

Pada saat sekitar tahun 2007an tempat ini merupakan tempat yang cukup prestisius. Hanya para writer yang cukup eksis dan memiliki skill tinggi yang berkarya di spot ini. Para writer pemula hanya melihat dan mencari inspirasi dari karya-karya yang ada disana.





Sekarang tempat ini pun masih ramai dengan regulasi karya pada temboknya. Karena tempat ini tempat yang cukup ramai di Surabaya, biasanya para writer luar kota dijamu disini. Mereka berkarya bersama sebagai ajang penyaatuan para writer yang ada di Indonesia. Biasanya para graffiti pemula mengambil spot di area belakang dan hanya menggoreskan tag dan throw up pada bebrapa space kosong yang tersisa.

Tempat ini juga sering menjadi tempat diselenggarakannya event-event graffiti. Acara terakhir yang diselenggarakan di tempat ini adalah Ring Of Fire yang diselenggarakan oleh Ironlak. Acara yang diselenggarakan di beberapa kota termasuk Surabaya. Di ditiap kota dipilih beberapa writer untuk mewakili tiap kota masing-masing Surabaya diwakili oleh YZRL dan Menaw.




















     Secara kebetulan saya menemukan video yang berisi proses pengerjaan salah satu graffiti yang ada di lokasi ini. Graffiti tersebut adalah milik Koma x Yeah.

No comments:

Post a Comment