Friday, June 15, 2012

Sejarah Graffiti Part 5 - Style Revival 1978 - 1981

Razor Gallery, NYC
    
     Aktivitas para writer muncul kembali pada akhir tahun 1977. Dengan tim seperti TDS, TMT, UA, MAFIA, TS5, CIA, RTW, TMB, TFP, TC5 dan TF5, medan perang kembali memanas. Para tim saling bersekutu dan saling mengalahkan untuk mendominasi areanya.


     Pada tahun 1980 situasi mulai menurun. Pagar halaman pemberhentian kereta yang menjadi jalan masuk mereka mulai diperbaiki secara konsisten dan serius. Para writer mulai berhenti dan mempertimbangkan sesuatu yang lebih penting. Banyak writer yang memikirkan karir mereka yang lebih baik daripada menghiasi kereta bawah tanah. Masyarakat mulai menerima para artis graffiti dengan cara yang lebih baik. Sebelumnya tidak ada respon positif pada saat diselenggarakan pameran umum di Razor Gallery di awal tahun 70an. Pada tahun 1979 Lee Quinnoes dan Fab 5, Freddie membuka pameran di Roma, bekerja sama dengan penjual barang seni, Claudio Bruni.


     Kemudian pada tahun 1980, banyak writer berbondong-bondong ke Esses Studio, yang merupakan perluasan dari Stephan Eins Moda & Patti Astor's Fun Gallery. Tempat dimana mereka bisa memamerkan karya karya merka kepada masyarakat umum tanpa harus melakukan vandalisme. Event ini dan event-event sejenis berikutnya menjadi poin-poin penting dalam melebarkan sayap para writer ke seluruh penjuru dunia. Pialang barang seni Eropa menjadi lebih sadar akan seni ini dan mulai menerima graffiti sebagai bentuk seni yang baru. Setelah itu, terdapat event-event yang memamerkan hasil karya dari Dondi, Lee, Zephyr, Lady Pink, Daze, Futura 200 dan lain-lain, yang membuat dunia sadar akan dunia tersembunyi di balik pemuda-pemuda New York.

Esses Studio | Sumber: http://mtn-world.com
Esses Studio | Sumber: http://mtn-world.com
Esses Studio | Sumber: http://mtn-world.com
Esses Studio | Sumber: http://mtn-world.com

Sejarah Graffiti Part 4 - The Peak 1975 - 1977

     Sebagian besar inovasi muncul di era ini. Semua standar dan aturan telah ditetapkan dan era baru telah dimulai. New York sedang kacau dan akibatnya sistem transportasi menjadi lumpuh dan terbengkalai. Disinilah terjadi gerakan graffiti dan vandalisme terbesar sepanjang sejarah.


     Pada masa ini, para writer mulai mendeskripsikian dirinya masing masing. Whole cars (mobil yang dihiasi penuh dengan graffiti) menjadi standar praktek mereka. Dan mulai memunculkan trend throw up. Throw up adalah sebuah gaya graffiti yang diadaptasi dari gaya Bubble style. Fungsi dan tujuannya hampir mirip dengan tag, namun throw up lebih seperti sebuah graffiti utuh yang disederhanakan dan waktu pengerjaannya pun lebih singkat.


     Throw up terbentuk dari font Bubble style dengan outline yang simple dan tidak terisi secara penuh karena waktu yang digunakan cukup singkat. Throw up mulai bermunculan dimana-mana, di lorong, kereta, tempat umum, dan banyak lainnya. Menurut saya kereta merupakan media paling prestisius, karena kereta merupakan salah satu alat transportasi umum yang cukup sering digunakan oleh masyarakat. Ditambah lagi kereta memiliki tempat pemberhentian yang menjadi waktu dan tempat eksekusi paling aman dan memungkinkan.

124ers
Throw Up | Sumber: http://streetfiles.org
Throw Up | Sumber: http://farm6.staticflickr.com
     Tim seperti POG, 3yb, BYB TC dan TOP memberikan kontribusi paling besar dalam perkembangan throw up ini. Ras terbentuk dari siapa yang mampu membuat throw up paling banyak. Throw up menjadi tren di tahun 1975 hingga tahun 1977, sejalan dengan tren whole car. Writer seperti  Butch, Case, Kindo, Blade, Comet, Ale 1, Doo2, John 150, Lee, Mono, Slave, Slug, Doc 109 menyebarkan tren whole car dimana-mana, diikuti oleh Tracy dan Cliff.

Whole Car | Sumber: http://1.bp.blogspot.com

Sejarah Graffiti Part 3 - Tag Movement: Scale




     Perkembangan berikutnya adalah skala. Para writer mulai membuat tag dalam skala lebih besar. Penyembur standar dari cat semprot hanya menghasilkan garis yang kurus, jadi pembuatan tag yang lebih besar akan menarik perhatian lebih besar dari tag standar. Para writer mulai meningkatkan ketebalan huruf dan memberikan garis outline dengan warna yang berbeda.

     Para writer menyadari bahwa cap dari produk lain dapat melebarkan semprotan cat yang dikeluarkan. Hal ini mengarah pada perkembangan menuju pembuatan 'piece' graffiti itu sendiri. Sulit untuk mengatakan siapa yang pertama kali melakukannya, namun writer yang lebih sering dikenal sebagai pelopor pada hal tersebut adalah Super Kool 223 dari Bronx dan WAP dari Brooklyn. Font yang lebih tebal diyakini dapat meningkatkan intensitas  ketenaran nama para writer dibandingkan membuat tag dengan garis yang kurus dan sulit untuk dilihat dari kejauhan.

     Para writer mulai mendekorasi interior font dengan berbagai macam bentukan. Awalnya polkadot, setelah itu muncul garis silang, bintang, kotak kotak, dsb. Desain tergantung dari kreatifitas para writer masing masing.

Super Kool 223 | Sumber: http://www.artaurbana.bravehost.com
     Suasana yang semakin kompetitif menyebabkan perkembangan font semakin meunuju ke gaya asli graffiti seperti yang ada pada jaman sekarang, yaitu Broadway Style yang diperkenalkan pertama kali oleh writer asal Philadelphia, Topcat 126. Jenis huruf seperti ini yang nantinya berkembang menjadi huruf blok, huruf miring dan huruf blockbuster. Setelah itu, Phase 2 memperkenalkan gaya baru yaitu Softie letters atau yang lebih dikenal sebagai Bubble letters. Dua gaya ini kemudian berkembang dengan penambahan beberapa elemen seperti bentukan panah, lengkungan, sambung menyambung antar huruf dan lain sebagainya. Modifikasi menjadi semakin komplek dan menjadi basis dari Mechanical Style atau lebih dikenal dengan sebutan Wild Style.
Topcat 126 | Sumber: http://subwayoutlaws.com
Broadway Style | Sumber: http://subwayoutlaws.com
Bubble Style | Sumber: http://fctags.s3.amazonaws.com
Wild Style | Sumberhttp://calligraphy-expo.com
Sekitar tahun 1974, Tracy 168, Cliff 159, Blade One mulai membuat graffiti dengan ilustrasi dan karakter disekitar font utama sebagai penghias tambahan. Disini juga merupakan awal mula trend graffiti pada mobil, umumnya van. Beberapa artis yang memulai diantaranya adalah AJ 161 dan Silver Tips.
Tracy 168 | Sumber: http://www.hobbsgallery.com
Blade One | Sumber: https://artsenglish.wikispaces.com

Graffiti pada van | http://justinryanbeck.files.wordpress.com
Graffiti pada van | Sumber: http://kimbriggs.com

Graffiti History Part 2 - Tag Movement: Style

     Setelah Taki 183 dari keluar di permukaan, beberapa writer mulai bermunculan. Dan para writer tersebut mulai mencari cara bagaimana untuk mendapatkan ketenaran. Salah satu caranya adalah membuat tag/mark yang unik dan berbeda diantara lainnya. Jenis font script dan kaligrafi mulai banyak dibermunculan disini. Para writermengembangkan tag mereka dengan memberi bentukan organik, bintang dan lainnya. Beberapa desain hanya bertujuan sebagai daya tarik visual dan ada beberapa diantaranya yang memiliki makna khusus dan tujuan tertentu. Sebagai contoh adalah penggunaan bentukan mahkota pada desain tag. Mahkota tersebut digunakan para writer segabai proklamasi bahwa diri mereka adalah raja. Saya jadi mengerti kenapa pada saat itu (tahun 2007) teman teman saya banyak yang memakai bentukan mahkota diatas tagnya.  Ternyata budaya tersebut sudah tercipta sejak lama dan masih terbawa hingga sekarang.  Kurang lebih seperti ini:

Contoh Tag Dengan Mahkota | Sumber: http://fc08.deviantart.net
Contoh Tag Dengan Mahkota | Sumber: http://www.artgraffiti.info

     Mungkin tag yang paling terkenal didalam sejarah graffiti adalah tag dari Stay High 149. Dia menggunakan stilasi dari rokok ganja sebagai garis horizontal pada huruf "H" dan stick figure yang ada pada film seri The Saint.

Tag Stay High 149 | Sumber: http://webringjustice.files.wordpress.com

    Stay High adalah nama alias dari Wayne Roberts. Lahir di Emporia, Virginia pada tahun 1950.  Tujuh tahun kemudian keluarganya bermigrasi ke Harlem. Ia dibesarkan ditengah kerusuhan sosial di jalanan yang terjadi pada saat itu. Dan akhirnya ia memutuskan tinggal jauh dari orang tuanya dan menetap di Grand Concourse, Bronx.

     Tidak butuh alasan berbelit untuk menjelaskan asal usul nama alias ini. Wayne bekerja sebagai pengantar pesan dan mengisi jam makan siangnya dengan menjual ganja. Semua orang dGrand Concourse mengetahui nama tersebut. Selama awal tahun '70an, dia memulai meenjumpai beberapa tag writer didalam transportasi umum yang ia tumpangi disaat bekerja dan pulang. Taki 183, Joe 182 dan Pray menjadi inspirasinya saat itu. Dan sejak saat itu dia mulai menghiasi kereta yang ia tumpangi dengan tag dirinya.

     Gaya tag Stay High berkembang pesat pada tahun 1972. Dia menambahkan elemen terakhir pada tagnya yaitu "Smoker".  Dia sangat fanatik dengan acara televisi "The Saint" yang diputar ulang di New York. Dia mengambil tokohnya dan menambahkan rokok pada karakter tersebut.

Smoker | Sumber: http://thisistrovegeneralstore.files.wordpress.com

Pada tahun 1973, New York Magazine mempublikasikan 8 halaman essai tentang pergerakan graffiti pada subway. Mereka memasukkan foto dari karya Stay High 149 yang terdapat pada kereta, serta foto diri dan tagnya. Dia tertangkap sebulan kemudian pada saat perkembangan tag merambah ke Brooklyn. Dia menebus masa tahanannya dengan membayar $ 20 dan menyerahkan namanya.

Wayne Robert a.k.a Stay High 149 | Sumber: http://thisistrovegeneralstore.files.wordpress.com
TAg Stay High 149 | Sumber: http://thisistrovegeneralstore.files.wordpress.com
Wayne Roberts dimasa sekarang | Sumber: http://www.frank151.com

Montana's Transparent Spray




Montana Gold Spray Paint Transparent merupakan cat semprot berbasis akrilik yang mampu menutup permukaan dengan baik. Dapat digunakan pada hampir setiap permukaan, bahkan permukaan yang fleksibel sekalipun. Cat ini dapat digunakan pada kanvas, beton, kayu, dan banyak lagi.  Montana Gold Spray Paint Transparent ini dapat mengering dengan cepat. Memiliki sistem baru, yaitu bertekanan rendah dan dapat dikombinasikan dengan berbagai cap. Ergonomis yang yang baik memungkinkan penggunanya menghasilkan detail yang diinginkan. Dan berita baiknya, setiap produk ini bebas CFC (Chlorofluorocarbon) yang berbahaya bagi lingkungan.

     Harga yang ditawarkan berkisar antara  £6.50. Warna yang ditawarkan antara lain Mystic Black, Magic White, Gloss Varnish dan Matte Varnish. Dengan intensitas opacity yang rendah, warna warna ini dapat membuat efek gradasi terlihat lebih sempurna. Pengguna dapat membuat efek multiply dan overlay seperti yang ada pada Photoshop. Dengan Mystic Black, pengguna dapat menciptakan efek shadow yang sempurna tanpa harus menggunakan cap yang lebar dan menjauhkan jarak semprot untuk menghasilkan cat yang tipis. Begitu pula dengan Magic White yang mampu menciptakan efek lighting yang cukup susah didapatkan jika menggunakan cat semprot biasa.

Thursday, June 14, 2012

123klan: Simply Detailed Touch From French


"If you never heard about us before, there are only 3 options:
- You are Tom Cruise
- You still believe in marketing
- You come from another galaxy."

     Kata kata tersebut terlampir pada biografi mereka. Mereka memang terkenal di industri graffiti hingga saat ini. 123klan adalah tim graffiti dari Peramcis yang didirikan pada tahun 1992 oleh pasangan suami istri Scien dan Klor. Sejak tahun 1994 mereka sudah mulai banyak berkecimpung di dunia desain grafis.  terinspirasi oleh karya Neville Brody yang kemudian mereka terapkan pada gaya graffiti mereka. Setelah itu mereka merekrut Dean, Sper, Skam, Meric dan Reso1 sebagai anggota tim. Mereka banyak bergelut dengan desain karakter, ilustrasi, poster, mainan, logo, dan sebagainya.

Scien & Klor | Sumber: http://veckr.com
     Mereka mendeskripsikan karya mereka dengan tagline "when street knowledge meets technology and graffiti melds with graphic design". Menurut saya maksud dari kata tersebut adalah ketika perpaduan antara pengetahuan tentang berkarya di jalanan dan teknologi, tercipta sebuah karya yang inovatif dan berkesan modern. Pada saat saya pertama kali menemukan karya-karya 123klan, sekitar tahun 2007, kesan yang saya dapat memang seperti apa yang mereka katakan. Modern. Mungkin karena mereka dapat memadukan antara simple dan detail dengan sangat baik. Dua kata yang saling bertolak belakang diusung dengan baik dan dihadirkan melalui sebuah karya. Mereka adalah artist yang mampu memadukan graffiti dan media digital yang menjadi graffiti yang bernuansa digital modern.

    Tertarik lebih jauh, saya mencoba untuk mengunjungi website mereka. Situsnya pada saat itu berbasis vector dan mengandung banyak efek rollover didalamnya. Situs terbagi menjadi 3 area, playground, productions dan graffiti. Di tiap area memiliki layout tersendiri yang dapat mengemas isi dari masing masing area menjadi sesuatu yang tidak biasa. Pada awal saya masuk di situs, terdapat pilihan "Launch" dan "Launch with intro".
    Karena penasaran dengan intronya, saya pilih opsi kedua. Saat saya klik. Animasi bergaya modern berdurasi pendek mengejutkan mata saya. Seolah diri saya seperti suku Maya menemukan Transformers. Animasi dengan bentukan dasar berbasis vector dengan latar belakang suara yang sangat mendukung membuat saya semakin penasaran dengan website ini. Kemudian saya masuk ke 3 opsi lagi. Playground, Graffiti dan Productions. Jelas Anda tahu mana yang saya pilih. Saya berharap playground akan memberi saya lebih dari yang mereka berikan di sesi Intro. Dan doa saya terkabul. Playground kembali dibagi menjadi dua opsi. Kiri dan kanan. Saat saya memilih opsi kiri, animasi berdurasi pendek dengan latar belakang musik pop elektronik cukup mengobati penasaran saya. Saya kembali dan memilih opsi kanan. Saya dibawa pada sebuah stage kosong yang mirip dengan platform stage pada game Super Mario. 

     Didalamnya terdapat banyak efek rollover interaktif yang semakin membuat saya kagum dengan artist ini. Jika Anda beruntung, Anda akan  memperoleh gambar yang dapat digunakan sebagai desktop komputer seperti gambar dibawah ini. Namun situs ini telah diperbaiki dan diganti menjadi situs html biasa yang hanya memberikan informasi dan gambar.


     File .swf dari situs tersebut tidak bisa ditemui dimanapun. Beruntung, saya sempat 'menyimpannya' waktu itu. Link berikut berisi beberapa file flash yang terpotong dan belum dikoneksikan satu sama lain.


Download .swf: http://www.mediafire.com/?n2uzjgqlzzyz4uc
Deadbwoy | Sumber: http://www.123klan.com
     Style yang mereka terapkan pada graffiti pun sangat berciri. Bentukannya umumnya berupa font yang didalamnya berisi kata kata kecil yang ingin mereka sampaikan. Seperti nama mereka, nama anak mereka, nama tim, dsb. Garis yang digunakan biasanya adalah garis garis yang kaku dengan sedikit garis organik sebagai aksen. Pilihan warna yang digunakan selalu menyesuaikan dengan konsep yang mereka bawakan saat itu. Meskipun bentukannya terlihat kaku, namun seolah terdapat alur didalamnya, entah itu dari garis maupun warna, yang membuat tiap karya karya mereka trerlihat modern dan unik. 
Sumber: http://farm4.static.flickr.com

Sumber: http://www.flickr.com
Sumber: http://www.flickr.com
Sumber: http://www.flickr.com

Maclaim: Artisticaly Printing Photos with Spray Paint

Add caption

     Sayangnya yang Anda lihat diatas adalah sebuah gambar hasil dari cat semprot. "How the f***!", itulah kata-kata pertama saya saat melihat gambar-gambar dari orang-orang ini. Sungguh sulit untuk dipercaya kalau karya-karya mereka dikerjakan dengan cat semprot. Karena yang saya tahu pada jaman itu masih sedikit artist yang memakai gaya seperti ini. Selain karena pilihan warna cat yang terbatas, cat semprot sangat sulit untuk menghasilkan detail yang diinginkan. Tapi mereka mampu membawakan detail yang mampu membuat para penonton berdecak kagum.

     Maclaim merupakan nama tim yang terdiri dari 4 orang, Akut, Case, Rusk dan Ta55O. Tim ini terbentuk pada tahun 1999, ketika Akut, Case dan Rusk memulai proyek-proyek umum yang mereka dapatkan di kala itu. Ketiga orang ini bertemu di Weimar, Jerman. Rusk yang memulai kontak pertama kali dengan Case dan Akut. Baru setelah itu Rusk mengubungi Ta550. Akut,.Case dan Ta550 sangat mudah diajak bekerja sama karena mereka dari awal sudah memfokuskan diri pada gaya fotorealistik Dan pada akhirnya Ta550 memberikan nama "Maclaim" kepada tim tersebut pada Januari 2001.

Sumber: www.myspace.com/maclaim
Sumber: www.foundelsewhere.files.wordpress.com
Sumber: http://ourblood.bloodbathproject.com
Sumber: http://ourblood.bloodbathproject.com

     Mereka juga sering menggabungkan gaya fotorealistik mereka dengan disproportion anatomical object. Menurut saya hal ini yang membedakan mereka dengan artist yang menggunakan gaya fotorealistik yang lain. Dan biasanya mereka menyelipkan nama mereka dengan cara yang tidak wajar pula. Seperti digigit, dijadikan tattoo, gesper ikat pinggang, dan lain-lain.

     Mereka dapat menghasilkan karya karya seperti ini tidak lepas karena jenis cat semprot yang mereka pakai. Mereka menggunakan Montana Spray Paint yang jarang ditemui di pasar lokal Indonesia. Montana memiliki range warna dengan sekitar 5 jenis ditiap warna. Berbeda dengan cat semprot yang ada di pasar lokal Indonesia, sebut saja Pylox. Pylox tidak memiliki range warna yang sangat minim sehingga sulit untuk menciptakan kesan realistis yang diinginkan.

Montana Spray Paint | Sumber: http://www.lawrence.co.uk

Montana Gold Color | Sumber: http://www.studioarts.co.uk
Mereka Juga merilis buku yang berisi portofolio mereka yang dijual sekitar $ 29.95. Buku ini berisi tentang beberapa karya terbaik mereka dengan disertai beberapa footage berupa proses mereka dalam berkarya didalamnya. Saya sendiri pernah membaca buku tersebut. Isinya sangat inspiratif sampai berpengaruh pada gaya gambar saya waktu itu.

Maclaim's Book |Sumber: http://photo.goodreads.com
Jika Anda tertarik untuk melihat karya karya mereka, Anda dapat melihatnya langsung di website mereka  http://www.maclaim.de/ .