Tuesday, March 20, 2012

Know Deeper With MUNKIE STRIKE


Graffiti memiliki kehidupan dan budaya yang unik. Tidak layak rasanya bila mengetahui informasi hanya dari media dan tangan kedua.Kali ini saya akan mengupas lebih dalam kehidupan graffiti dengan langsung mengintrogasi salah satu pelakunya. Munkie Strike. Dia adalah salah satu bomber yang eksis di Surabaya. Tergabung dalam crew Monica Never Comes, salah satu crew yang eksis di dunia graffiti lokal bahkan internasional.


RW = Reverse Wall
MS = Munkie Strike

RW: Sejak kapan Anda menggeluti bidang ini?
MS: Mulai turun ke jalannya sekitar tahun 2007, April kalo tidak salah. Sebelum itu hanya membuat sketch2 doang.
  • RW: Apa yang memotivasi anda untuk mulai turun ke jalan? 

    MS: Jati diri ya mungkin, namanya juga anak muda.. hahahahaha.. saya sempet jadi pembalap sebelum ke sini

    lalu saya merasa kurang puas (menurut saya yang sya lakukan hanya duduk dan mengendarai mobil) rasa2nya kurang Munkie bgt.. dan saya berpikir saya hobby gambar, dan saya suka graffiti sejak sma.. lalu saya memulai nya dan jatuh cinta. hahaha

    This is my work, 99%.. hanya alatnya saja (cans dan caps) yang buatan orang lain (pabrik) 
    Ya itu, saya mencoba eksis lewat graffiti itu, setiap orang akan melihat karya saya, tanpa harus datang ke sebuah pameran.


    • Gratis! hahaha
    • Dan saat memilih spot (sebutan untuk tembok yang di jadikan obyek), saya tidak memilih white wall (tembok yang masi mulus)
    • Saya memilih yang sudah rusak dan lusuh. bisa di bilang saya ini pekerja sosial agar tembok tersebut jadi enak di lihat ya?? :)))
      RW: Haha,ternyata anda sosok bomber berhati mulia.


      • MS: Bukan gitu juga sih, tapi saya sendiri juga tidak ingin bagun tidur tiba2 tembok samping rumah saya berubah jadi galery gambar 'tak jelas' tanpa sepengetahuan saya
      • RW: Jadi anda menggunakan tembok yang benar-benar tidak terpakai agar tidak membuat seseorang sakit hati?
        MS: Tidak mesti tidak terpakai, tapi tembok yang kurang enak di lihat dan tak terawat agar lebih menarik dari segi estetis.. mana ada tembok tidak terpakai? kalo tidak terpakai ngapain di jadikan tembok mas.. :) 
        • RW: Berarti Anda memang bertujuan "memperindah" kota ya.
          Lalu bagaimana tanggapan Anda tentang coret-coretan (tag) yang merebak diberbagai penjuru kota dan terkesan "mengotori"?
MS: Jujur, saya gak terlalu suka dengan itu.. kesannya 'pengen tenar tapi gak mau memberikan yang terbaik ke pemirsa'.. (bah berasa artist :))
vandal itu asik, tapi kalo garis tag mu keren.. :))
Kalo gak, yo mohon tau diri lahh.. hahahahaha 
RW: Sangat setuju. Adakah karya yang membuat anda paling puas selama ini? 
MS: Karya saya yang ada di jalan ngagel dan gambar terahir saya di Sidoarjo. 

ADR ONE x MUNK
Ngagel
ZAND x MUNK
Sidoarjo



RW: Siapa artist graffiti yang menginspirasi Anda? 

        • MS: Banyak.. tapi yang paling berpengaruh dengan style saya adalah crew c3p (France) 

  • Crew CP3
        • RW: Apa yang membuat Anda terpesona dengan karyanya? 
          • MS: Mereka out of the box.. flownya dapet sekali.. temanya juga unik2..
          • tapi sayang sepertinya beberapa dari mereka sudah vacum
            RW: Butuh berapa lama Anda untuk menyelesaikan satu piece? Biasanya dimulai jam berapa? 
            • MS: Tergantung.. dari seberapa detail dan seberapa semangatnya kita waktu itu.
            • Tapi rata2 saya menyelesaikannya dalam 2 hari walaupun bisa juga dalam 5-8 jam an.. tapi kita mau yang sempurna kan?
              Apakah pernah bermasalah dengan pihak kepolisian? Mengingat tembok-tembok dijalan merupakan fasilitas umum juga. 
              tahun 2007 an masih sering kita kena bermasalah.
              Bahkan beberapa teman kami sering nginep di kurungan 1 hari, udah pernah naik kijang kotak, mitsubisi kuda, sedan polisi.. hha 
              • Tapi pada intinya hanya salah paham kok, dan karena pada tahun2 segitu graffit di ruang public masi belum banyak sekarang
              • masi terkesan vandal aja.. gak di lihat dari sisi lainnya
                RW: Apakah ada pertikaian atau kesalah pahaman antara crew Anda dengan crew yang lain? 
                MS: Kalo itu kurang paham ya saya :))
                saya gambar murni passion dan hobby
                • gak terlalu memperdulikan masalah crew2an.. menurut saya crew itu hanya wadah untuk bertemu teman yang sepikiran, sejalan.. dan sepemikiran.. sekedar cari temen aja..
                • Kalo pun ada masalah, ya namanya temen, pasti ada salah pahamnya dikit2. hhe
                  RW: Sebagai penutup apakah ada pesan yang ingin Anda sampaikan? 
                • oke, saya pesan 3 ayam goreng dan 2 porsi nasi uduk untuk sarapan. haha
                  MS: Ya itu aja. Kalau kamu mau di kenal, lakukan yang terbaik, jadilah yang paling beda dan paling original. And respect each other.

No comments:

Post a Comment