Thursday, June 14, 2012

Maclaim: Artisticaly Printing Photos with Spray Paint

Add caption

     Sayangnya yang Anda lihat diatas adalah sebuah gambar hasil dari cat semprot. "How the f***!", itulah kata-kata pertama saya saat melihat gambar-gambar dari orang-orang ini. Sungguh sulit untuk dipercaya kalau karya-karya mereka dikerjakan dengan cat semprot. Karena yang saya tahu pada jaman itu masih sedikit artist yang memakai gaya seperti ini. Selain karena pilihan warna cat yang terbatas, cat semprot sangat sulit untuk menghasilkan detail yang diinginkan. Tapi mereka mampu membawakan detail yang mampu membuat para penonton berdecak kagum.

     Maclaim merupakan nama tim yang terdiri dari 4 orang, Akut, Case, Rusk dan Ta55O. Tim ini terbentuk pada tahun 1999, ketika Akut, Case dan Rusk memulai proyek-proyek umum yang mereka dapatkan di kala itu. Ketiga orang ini bertemu di Weimar, Jerman. Rusk yang memulai kontak pertama kali dengan Case dan Akut. Baru setelah itu Rusk mengubungi Ta550. Akut,.Case dan Ta550 sangat mudah diajak bekerja sama karena mereka dari awal sudah memfokuskan diri pada gaya fotorealistik Dan pada akhirnya Ta550 memberikan nama "Maclaim" kepada tim tersebut pada Januari 2001.

Sumber: www.myspace.com/maclaim
Sumber: www.foundelsewhere.files.wordpress.com
Sumber: http://ourblood.bloodbathproject.com
Sumber: http://ourblood.bloodbathproject.com

     Mereka juga sering menggabungkan gaya fotorealistik mereka dengan disproportion anatomical object. Menurut saya hal ini yang membedakan mereka dengan artist yang menggunakan gaya fotorealistik yang lain. Dan biasanya mereka menyelipkan nama mereka dengan cara yang tidak wajar pula. Seperti digigit, dijadikan tattoo, gesper ikat pinggang, dan lain-lain.

     Mereka dapat menghasilkan karya karya seperti ini tidak lepas karena jenis cat semprot yang mereka pakai. Mereka menggunakan Montana Spray Paint yang jarang ditemui di pasar lokal Indonesia. Montana memiliki range warna dengan sekitar 5 jenis ditiap warna. Berbeda dengan cat semprot yang ada di pasar lokal Indonesia, sebut saja Pylox. Pylox tidak memiliki range warna yang sangat minim sehingga sulit untuk menciptakan kesan realistis yang diinginkan.

Montana Spray Paint | Sumber: http://www.lawrence.co.uk

Montana Gold Color | Sumber: http://www.studioarts.co.uk
Mereka Juga merilis buku yang berisi portofolio mereka yang dijual sekitar $ 29.95. Buku ini berisi tentang beberapa karya terbaik mereka dengan disertai beberapa footage berupa proses mereka dalam berkarya didalamnya. Saya sendiri pernah membaca buku tersebut. Isinya sangat inspiratif sampai berpengaruh pada gaya gambar saya waktu itu.

Maclaim's Book |Sumber: http://photo.goodreads.com
Jika Anda tertarik untuk melihat karya karya mereka, Anda dapat melihatnya langsung di website mereka  http://www.maclaim.de/ .

No comments:

Post a Comment