Thursday, June 14, 2012

123klan: Simply Detailed Touch From French


"If you never heard about us before, there are only 3 options:
- You are Tom Cruise
- You still believe in marketing
- You come from another galaxy."

     Kata kata tersebut terlampir pada biografi mereka. Mereka memang terkenal di industri graffiti hingga saat ini. 123klan adalah tim graffiti dari Peramcis yang didirikan pada tahun 1992 oleh pasangan suami istri Scien dan Klor. Sejak tahun 1994 mereka sudah mulai banyak berkecimpung di dunia desain grafis.  terinspirasi oleh karya Neville Brody yang kemudian mereka terapkan pada gaya graffiti mereka. Setelah itu mereka merekrut Dean, Sper, Skam, Meric dan Reso1 sebagai anggota tim. Mereka banyak bergelut dengan desain karakter, ilustrasi, poster, mainan, logo, dan sebagainya.

Scien & Klor | Sumber: http://veckr.com
     Mereka mendeskripsikan karya mereka dengan tagline "when street knowledge meets technology and graffiti melds with graphic design". Menurut saya maksud dari kata tersebut adalah ketika perpaduan antara pengetahuan tentang berkarya di jalanan dan teknologi, tercipta sebuah karya yang inovatif dan berkesan modern. Pada saat saya pertama kali menemukan karya-karya 123klan, sekitar tahun 2007, kesan yang saya dapat memang seperti apa yang mereka katakan. Modern. Mungkin karena mereka dapat memadukan antara simple dan detail dengan sangat baik. Dua kata yang saling bertolak belakang diusung dengan baik dan dihadirkan melalui sebuah karya. Mereka adalah artist yang mampu memadukan graffiti dan media digital yang menjadi graffiti yang bernuansa digital modern.

    Tertarik lebih jauh, saya mencoba untuk mengunjungi website mereka. Situsnya pada saat itu berbasis vector dan mengandung banyak efek rollover didalamnya. Situs terbagi menjadi 3 area, playground, productions dan graffiti. Di tiap area memiliki layout tersendiri yang dapat mengemas isi dari masing masing area menjadi sesuatu yang tidak biasa. Pada awal saya masuk di situs, terdapat pilihan "Launch" dan "Launch with intro".
    Karena penasaran dengan intronya, saya pilih opsi kedua. Saat saya klik. Animasi bergaya modern berdurasi pendek mengejutkan mata saya. Seolah diri saya seperti suku Maya menemukan Transformers. Animasi dengan bentukan dasar berbasis vector dengan latar belakang suara yang sangat mendukung membuat saya semakin penasaran dengan website ini. Kemudian saya masuk ke 3 opsi lagi. Playground, Graffiti dan Productions. Jelas Anda tahu mana yang saya pilih. Saya berharap playground akan memberi saya lebih dari yang mereka berikan di sesi Intro. Dan doa saya terkabul. Playground kembali dibagi menjadi dua opsi. Kiri dan kanan. Saat saya memilih opsi kiri, animasi berdurasi pendek dengan latar belakang musik pop elektronik cukup mengobati penasaran saya. Saya kembali dan memilih opsi kanan. Saya dibawa pada sebuah stage kosong yang mirip dengan platform stage pada game Super Mario. 

     Didalamnya terdapat banyak efek rollover interaktif yang semakin membuat saya kagum dengan artist ini. Jika Anda beruntung, Anda akan  memperoleh gambar yang dapat digunakan sebagai desktop komputer seperti gambar dibawah ini. Namun situs ini telah diperbaiki dan diganti menjadi situs html biasa yang hanya memberikan informasi dan gambar.


     File .swf dari situs tersebut tidak bisa ditemui dimanapun. Beruntung, saya sempat 'menyimpannya' waktu itu. Link berikut berisi beberapa file flash yang terpotong dan belum dikoneksikan satu sama lain.


Download .swf: http://www.mediafire.com/?n2uzjgqlzzyz4uc
Deadbwoy | Sumber: http://www.123klan.com
     Style yang mereka terapkan pada graffiti pun sangat berciri. Bentukannya umumnya berupa font yang didalamnya berisi kata kata kecil yang ingin mereka sampaikan. Seperti nama mereka, nama anak mereka, nama tim, dsb. Garis yang digunakan biasanya adalah garis garis yang kaku dengan sedikit garis organik sebagai aksen. Pilihan warna yang digunakan selalu menyesuaikan dengan konsep yang mereka bawakan saat itu. Meskipun bentukannya terlihat kaku, namun seolah terdapat alur didalamnya, entah itu dari garis maupun warna, yang membuat tiap karya karya mereka trerlihat modern dan unik. 
Sumber: http://farm4.static.flickr.com

Sumber: http://www.flickr.com
Sumber: http://www.flickr.com
Sumber: http://www.flickr.com

No comments:

Post a Comment