Friday, June 15, 2012

Sejarah Graffiti Part 4 - The Peak 1975 - 1977

     Sebagian besar inovasi muncul di era ini. Semua standar dan aturan telah ditetapkan dan era baru telah dimulai. New York sedang kacau dan akibatnya sistem transportasi menjadi lumpuh dan terbengkalai. Disinilah terjadi gerakan graffiti dan vandalisme terbesar sepanjang sejarah.


     Pada masa ini, para writer mulai mendeskripsikian dirinya masing masing. Whole cars (mobil yang dihiasi penuh dengan graffiti) menjadi standar praktek mereka. Dan mulai memunculkan trend throw up. Throw up adalah sebuah gaya graffiti yang diadaptasi dari gaya Bubble style. Fungsi dan tujuannya hampir mirip dengan tag, namun throw up lebih seperti sebuah graffiti utuh yang disederhanakan dan waktu pengerjaannya pun lebih singkat.


     Throw up terbentuk dari font Bubble style dengan outline yang simple dan tidak terisi secara penuh karena waktu yang digunakan cukup singkat. Throw up mulai bermunculan dimana-mana, di lorong, kereta, tempat umum, dan banyak lainnya. Menurut saya kereta merupakan media paling prestisius, karena kereta merupakan salah satu alat transportasi umum yang cukup sering digunakan oleh masyarakat. Ditambah lagi kereta memiliki tempat pemberhentian yang menjadi waktu dan tempat eksekusi paling aman dan memungkinkan.

124ers
Throw Up | Sumber: http://streetfiles.org
Throw Up | Sumber: http://farm6.staticflickr.com
     Tim seperti POG, 3yb, BYB TC dan TOP memberikan kontribusi paling besar dalam perkembangan throw up ini. Ras terbentuk dari siapa yang mampu membuat throw up paling banyak. Throw up menjadi tren di tahun 1975 hingga tahun 1977, sejalan dengan tren whole car. Writer seperti  Butch, Case, Kindo, Blade, Comet, Ale 1, Doo2, John 150, Lee, Mono, Slave, Slug, Doc 109 menyebarkan tren whole car dimana-mana, diikuti oleh Tracy dan Cliff.

Whole Car | Sumber: http://1.bp.blogspot.com

No comments:

Post a Comment