Saturday, June 16, 2012

Color-Blow withYellow Dino



     Karakter dinosaurus berwarna kuning terang dengan outline hitam tebal menarik perhatian saya pada saat saya sedang melihat koleksi gambar-gambar teman saya waktu itu. Ternyata nama karakter tersebut adalah  Yellow Dino. Karakter yang cukup menyita perhatian karena warnanya yang mencolok dan suasana yang dibawakan selalu lucu dan menyenangkan. Kesan sangar dan buas tidak terlihat sama sekali saat mendengar kata dinosaurus yang merupakan bentuk awal karakter Yellow Dino yang lucu dan imut ini.

Yidhi Andhika (Upnix) | Sumber: http://4.bp.blogspot.com
     Yudhi Andhika (Upnix) lah yang bertanggung jawab dalam penciptaan karater Yellow Dino ini. Ia memulai karirnya pada tahun 2003 sebagai seorang desainer grafis. Yudhi merupakan mahasiswa desain komunikasi visual. Pada awalnya Yudi memiliki  komunitas yang sama-sama memiliki hasrat dengan gambar-gambar yang beraliran vector, yang bernama Vectorjunkie. Nama ini diambil dengan untuk menunjukkan seolah-olah mereka merasa kecanduan dengan vector. Diambil dari kata vector dan juknkies. Namun sayangnya, sekarang grup tersebut telah bubar. Pada tahun 2004 ia juga mendirikan grup yang terdiri dari beberapa artist graffiti yang bernama Ranger BastardDan pada tahun 2007 group tersebut dibubarkan. Upnix dan 3 member orginal membuat group baru dengan nama "Mode Four". karya-karyanya berlanjut dari tahun 2005 di berbagai media.
     Di dalam Vectorjunkie, para illustrator-illustrator itu memiliki warna sendiri-sendiri dan secara kebetulan ia memilih warna kuning terang sebagai warna karakter ciptaannya. Warna ini cocok dengan suasana yang dibawakan oleh karakter Yellow Dino. Yellow dino sangat dikenal dan sangat menginspirasi para masyarakat urban karena karakter tersebut memiliki orisinalitas dan eksistensi yang tinggi di lingkungan desain nasional bahkan internasional. Ia pernah berkarya bersama para artist graffiti internasional, seperti 123klan dan Killer Gerbil.
     Terdapat berbagai macam jenis karakter yang ditampilkan oleh Yudhi, Yellow Dino tampak samping, tampak depan, berbentuk manusia yang menggunakan kostum Yellow Dino dan beberapa karakter tambahan. Karakter-krakter ini umumnya ditampilkan bersama dengan ilustrasi nature yang senada dengan gaya gambar Yellow Dino. Seperti pohon, pelangi, bintang, awan, dsb. Yudi seolah ingin membuat dunia ciptaannya sendiri sebagai tempat penumpahan kreatifitasnya.

Sumber: http://www.theyellowdino.com
     Yellow dino terbilang sangat eksis di industri desain di Indonesia. Dia kerap terlibat dalam event event besar seperti Mix-Max Limited Edition, Happy Trail, Wall Lord, King Of Yaris, dsb. Dia tidak hanya menekuni bidang seni 2 dimensi saja, namun ia juga merambah salah satu seni 3 dimensi yaitu mainan. Dia menggunakan media fiber yang di lukis dengan menggunakan cat akrilik.
Yellow Dino on Mix Max Limited Edition } SUmber: http://cache.krop.com
Mix-Max Limited Edition | Sumber: http://www.theyellowdino.com
Salah satu mainan Yellow Dino | http://farm5.static.flickr.com
Salah satu mainan Yellow Dino | Sumber: http://www.theyellowdino.com
Website: www.theyellowdino.com

No comments:

Post a Comment