Wednesday, June 20, 2012

Know Deeper With RHEIN13


Rhein13 adalah seorang pelajar di sebuah homeschooling, yang tidak ada pelajaran seni rupanya. Bakat seni turun dari ayahnya yang seorang seniman juga. Proses masuk ke scene graffiti itu dimulai sejak sekitar tahun 2005, tetapi hanya membuat sketsa di kertas saja. Baru dipertengahan 2007 mulai menggunakan media tembok dan cat semprot hingga sekarang.

Bagaimana bisa menggunakan  streetname “Rhein13”?
Rhein adalah sebuah namasungai di negara Jerman, orang-orang yang tinggal di sekitar sungai itu percaya bahwa sungai tersebut penuh harapan baik. Saya tidak ytahu kenapa saya tertarik untuk memakai nama ini, tapi skema huruf RHEIN cukup rumit dan membuat saya pusing memvisualisasikannya ke konsep graffiti saya hahaha. And about number 13? I thingk this number is represented mad and something wild, but for me personal it’s my lucky number.
Sumber: http://www.rhein13-ftb.blogspot.com/
Bagaimana kamu menghabiskan waktu luangmu?
Beberapa waktu saya habiskan tetap dibidang seni, itu termasuk desan, musik dan tentunya menjadi pelajar SMA.

Menurut kamu apakah graffiti itu?
Graffiti aitu adalah bentuk ekspresi menurut saya, beberapa individual/ graffiti artist punya masing-masing style yang mewakili diri mereka masing-masing. Dan graffiti menurut saya -sekarang- bukan suatu objek lagi, tapi sudah menjadi subjek yang harus dihargai, karena termasuk seni.

Bisa jelaskan secara singkat style artworkmu? Apakah kamu terinspirasi dari artis lain atau apa saja silahkan sebutkan?
Kalian semua mungkin bosanatau heran kenapa style graffiti saya selalu miring/tidak proporsional, konsep atau pembentukan style saya terinspirasi dari kartun Jepang berjudul “Crush Gear Turbo” di kartun tersebut ada satu mainan yang bernama “ Garuda Eagle”. Jika melihat Garuda Eagle dari sampingnya, itu akan memperlihatkan bentuk seperti yang saya buat di style Rhein13. Kenapa saya pilih Garuda Eagle? Sekilas saya terpikir tentang lambang negara kita (Indonesia), garuda. Dan jika sanya berhasil menaikkan “level”saya ke tingkat yang lebih tinggi/internasional di scene graffiti ini, saya akan sangat bangga karena disetiap karya yang saya buat, saya selalu membawa nama Indonesia. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk saya mencoba style dan konsep baru.
Sumber: http://www.rhein13-ftb.blogspot.com
Garuda Eagle Crush Gear | Sumber: http://smg.photobucket.com

Apakah ada pesan tertentu yang ingin kamu sampaikan di dalam setiap kamu membuat artwork?
Biasanya saya tetap kekeuh menggunakan konsep yang yang telah saya buat dan saya jelaskan tadi, tetapi biasanya saya menambahkan tulisan jelas (tagging) dan itu tergantung perasaan saya ketika pembuatan artwork tersebut.

Selain media tembok, media apa saja yang kamu pergunakan?
Biasanya saya membuat artwork di kanvas, ada beberapa di skate deck, dan beberapa media lainnya.

Ceritakan suka-dukamu dalam dunia street art!
Sukanya waktu dapet cat semprot gratis hahaha dan dukanya saya pernah menjadi korban premanisme dan akibatnya cat semprot sekerdus dan caps saya  lenyap :D
Sumber: http://www.rhein13-ftb.blogspot.com
Apakah ada artis lokal maupun luar negeri yang kamu suka?
Artis lokal saya suka YZRL, Racon3 dan Nside193.. mereka punaystyle typografi yang luar biasa bedanya. Huruf-huruf yang mereka buat bisa bebas dibentuk tanpa harus memikirkan flow/bentuk akhirnya. Artis luar negeri saya suka Scien (123Klan), Revok(MSK) dan Does(LL)…mereka inspirasi saya.

Apakah ada kota yang paling kamu kunjungi untuk membuat artwork di sana?
Ambon, setau saya disana belum ada graffiti tapi mungkin coret-coretan di tembok sudah ada. Dan saya ingin menjadi orang pertama yang membuat graffiti di Ambon.
Sumber: http://www.rhein13-ftb.blogspot.com
Bagaimana perkembangan scene graffiti di daerahmu?
Saya beruntung tinggal di Jakarta, karena scene graffiti di Jakarta ini semakin maju dan perkembangan setiap pelaku graffiti di jakarta ini sangat cepat, termasuk yang newbie. Sangat cepat merusak piece/graffiti yang ada.. But it’s okay, its just a prosses for alla of them.. with different way, perhaps. :p

Bagaimana perkembangan scene graffiti di Indonesia?
Saya rasa scene graffiti di Indonesia sudah cukup besar, dan saya harap bisa bertambah besar seiring perkembangan jaman
[update2.jpg]
Sumber: http://www.rhein13-ftb.blogspot.com
Sebutakn hal yang paling kamu suka dan paling kamu benci?
Hal yang saya suka adalah sesuatu yang sederhana tapi berarti besar, dan hal yang saya benci adalah ketika hal yang seharusnya dibenarkan tapi tidak dibenarkan.

Apakah menjelang tua kamu terus akan membuat graffiti?
Mungkin, tapi saya sadar bahwa tidak selamanya tangan dan otak saya berfungsi dengan baik, tapi yang pasti saya akan berusaha terus melakukan eksplorasi yang lebih untuk saat ini dan yang akan datang.
[16082009230aaa.JPG]
http://www.rhein13-ftb.blogspot.com
[distrike.JPG]
Sumber: http://www.rhein13-ftb.blogspot.com

1 comment: